Stupid Bump On My Wrist

Ok, let me tell u a lil secret.
i have a very ugly wrist. hha.
karena itu saya selalu memakai aneka aksesoris gede dipergelangan
tangan kanan saya.
just to hide that silly bump.

ilmu kedokteran menyebutnya ganglion cyst.

here’s the pic.

sebelum dioperasi
sebelum operasi

habis operasi

habis dioperasi [oh man.. mirip pake sarung tangan tinju deh sigue!]

setahun kemudian

setahun kemudian.. this stupid bump on my wrist is back! bigger and worst!

apa yang ada dipikiran kamu waktu ngeliatnya?
ngeri?
well most people does.
mreka biasanya bergidik ngeri kalo ga sengaja ngeliat pergelangan
tangan saya yang aneh ini.
padahal ganglion cyst sama sekali ga berbahaya.
benjolan ditangan saya ini disebabkan kebocoran pada pembungkus cairan
sendi dan sekalipun  dibiarkan selama bertahun-tahun tetap tidak
membahayakan bagi si penderita dan tidak terjadi hal-hal yang negatif.
Kata dokter sih, kalo didiemin ganglion ini akan hilang dengan
sendirinya. I WISH! tapi kayanya saya termasuk yang apes deh, tahun
lalu ganglion ini udah pernah diangkat melalui operasi dan saya mesti
nginep di rumah sakit selama 3 hari 2 malam.
tapi beberapa bulan lalu, boom! benjolan ini muncul lagi ditempat yang
sama, malah tampakny koq lebih besar dari yang kemarin.. oh my gosh!

orang-orang terdekat saya menyarankan untuk operasi lagi.
yah memang hanya operasi kecil tapi duuuh saya koq malas yaa..
mesti dirawat lagi, mesti beli obat lagi, mesti gemuk lagi..
haha. tahun lalu, 3 hari dirumah sakit berat badan saya naik 3
kilogram, nah kenaikan itu aja belum bisa diturunin sampe skarang, masa
mau naik lagi? ouch!

wat should i do?
selama ini benjolan ini ga ngeganggu sama sekali sih,
terkecuali pandangan orang yang risih kalo ngeliatnya.
so.. wat do u think?

for more information about ganglion cyst.
u can read from this site : Wikipedia – Ganglion Cyst

dan ini sedikit kutipan tentang benjolan jelek yang saya punya AKA ganglion cyst ^^

GANGLION

GANGLION adalah penyakit yang disebabkan kebocoran pada pembungkus
cairan sendi atau Ganglion merupakan tumor yang menyerupai kista dengan
dinding atau kapsul yang cukup tebal,.Banyak orang awam menganggap hal
ini adalah suatu penyakit yang berbahaya dan mematikan karena
kemunculan GANGLION ini yang mirip dengan kanker atau tumor yaitu
berupa benjolan pada tubuh.Padahal GANGLION bukanlah suatu penyakit
yang mematikan atau berbahya.Sekalipun penyakit ini dibiarkan selama
bertahun-tahun tetap tidak membahayakan bagi si penderita dan tidak
terjadi hal-hal yang negatif.Karena hal tersebut,lama kelamaan GANGLION
ini pun akan hilang dengan sendirinya.Walupun begitu kita harus tetap
check list ke dokter.GANGLION bisa terjadi pada siapa saja baik
anak-anak maupun orang dewasa.

PENYEBAB:

=> Disebabkan karena terjadi kebocoran pada penbungkus cairan
sendi.Cairan ini berfungsi untuk melumasi sendi sehingga tidak terjadi
kerusakan pada tulang rawan pada saat terjadi gerakan atau gesekan
=> Cairan pelumas(terdapat pada bagian tendon dan urat yang
menggerakkan tulang) yang bocor ini kemudian membentuk gelembung
seperti kapsul(tendon sheath),yang mendesak kulit sehngga tampak
benjolan pada permukaan kulit
=> Bocornya pembungkus cairan sendi ini disebabkan karena trauma atau
benturan,Jika kapsul atau pembungkus pelumas ini bocor,maka akan timbul
GANGLION.Robeknya pembungkus pelumas mirip dengan penyebab bocornya pada cairan sendi
=> Penyebab ganglia tidaklah dengan sepenuhnya dipahami, dan di sana
telah menjadi pandangan bagi mereka.GANGLION dapat terjadi ketika ada
suatu cabikan/ air mata kecil di (dalam) ikatan sendi pada suatu urat
daging sarung pelindung atau kapsul. Apakah ini adalah dalam kaitan
dengan luka-luka/kerugian, suatu proses merosot/mundur, atau suatu
kelainan sulit dipisahkan yang tak dikenal.

CIRI-CIRI:

=> Ukuran diameter benjolan pada GANGLION paling besar 2-5 cm
=> Apabila dipegang akan terasa kenyal,dan ukuran semakin besar akan
semakin keras
=> Apabila benjolan ini terantuk atau tertekan,benjolan yang berisi
cairan ini akan pecah.Karena itulah GANGLION bisa hilang dengan
sendirinya tanpa kita sadari
=> Cairan ini tidak berbahaya dan akan diserap kembali oleh tubuh
=> Bagian tubuh yang paling sering mengalami GANGLION terdapat di
sekitar tulang-tulang kecil di tangan dan kaki baik bagian
dalam,punggung maupun pergelangan.Di situlah daerah sendi dan tendon
yang paling sering mengalami kebocoran pelumas.

Advertisements