Give.

Pernah liad reality show ‘Big Give‘ yang didasari atas ide Oprah Winfrey soal memberi besar untuk orang lain?
well memang acara reality show serupa sering banget kita liad ditelevisi tanah air, bahkan kalo pernah baca novelnya Catherine Ryan Hyde yang berjudul Pay It Forward, yang juga sudah dibuat versi layar lebarnya dengan pemeran utama Haley Joel Osment (disini, saya lebih suka versi filmnya) tentang mewujudkan rangkaian kebaikan dengan tidak meminta balasan dari orang yang kita tolong, tapi kita meminta mereka untuk membalasnya ke orang lain.

Back to Oprah Winfrey, as we know, she’s an amazing woman!
Oprah itu punya sifat dermawan yang besaar banget.. dia selalu peka dan punya ide-ide brilian soal ngebantu dalam masalah kemanusiaan. Semakin terkenal dan makin berpengaruh dia, dia memanfaatkannya untuk hal-hal yang bisa berguna untuk orang lain. Big clap for her! ^^
Sudah terlalu banyak orang yang egois dimuka bumi ini, dan semoga aja masih banyak yang terbuka hatinya untuk saling menolong sesama.

Sometimes saya berpikir, wahh Oprah atau orang-orang yang ada di reality show itu bisa mudah membantu orang lain karena mereka punya banyak uang. they’re rich! dan saya.. saya punya banyak keterbatasan untuk melakukan sesuatu yang besar seperti membantu perawatan rumah sakit anak yang ga mampu misalnya.. well i really CAN’T do that!
tapii kita emang ga bole terlalu berlebihan, memberi itu harus sesuai dengan kemampuan kita.. apalagi kalo sampai memberikan janji-janji besar yang akhirnya malah kita ga bisa tepati, that’s a big mistake.. pertama, kita ud
membuat mereka berharap dan kedua, kita membuat mereka kecewa.

so do the small things but has a deep meaning, for u and for anyone you care about.inget ga hal-hal kecil yang selalu diajarkan sama orangtua kita? selalu bilang terima kasih, selalu minta maaf, sopan dan ramah sama semua orang dan tentu saja selalu senyum *karena senyum itu ibadah :). dan yang paling penting, jangan pernah ngeharapin balasannya *apalagi dalam bentuk materi*, karena itu bakal ngerusak arti dari kebaikan kita sendiri.

anyway there are thousand ideas about to do the good things. mungkin kamu dan teman-teman kamu *yang biasanya cuma ngumpul di cafe dan happy-happy mulu* bisa mulai untuk ngebentuk acara charity kecil-kecilan kesuatu lingkungan didekat tempat tinggal kamu (didata dulu mana keluarga yang perlu dibantu, bisa minta tolong dengan RT setempat). Ga perlu terlalu sering *setahun sekali juga ud bagus koq!
Bentuk charity bisa seperti mengumpulkan sumbangan *dari pribadi, keluarga dan kalo punya koneksi ke kerabat yang cukup berpengaruh itu lebih bagus*, kalo ga mau memberikan sumbangan berbentuk uang, kamu bisa membagikannya dalam bentuk sembako. Baju-baju bekas yang udah numpuk dilemari juga, daripada ga guna dan jadi lap pel, kalo memang masi
layak pakai sebaiknya disumbangin aja ke orang yang ga mampu *ke pembantu, atau mungkin ke pengemis dijalan?*
u know, u can do lotsa things!

oh yaa, i love suprises, saya suka kejutan! kamu juga pasti suka kejutan kan? *coba bayangkan kamu dapat kejutan kecil dari teman/pacar dihari ulang tahunmu? atau disaat kamu sedang sibuk dan cape ngerjain tugas/skripsi yang bikin kepala kamu pusing, tiba-tiba kamu dapat kejutan dari pacar yang bawain kamu makanan kesukaan kamu dan beri kamu support* kamu pasti senang kan? well everybody does!
start to care, bikin orang lain bahagia itu bisa buat kamu bahagia juga lohh..

this is a nice quote about giver : semakin banyak kamu memberi, maka semakin banyak juga yang akan kamu dapat.

yang ini sedikit pesan dari saya, kita bisa memberi ke orang lain, tapi jangan sampai mereka terlalu bergantung dan akhirnya selalu mengharapkan bantuan *karena itu sama sekali ga bagus*. memang kita ga bole mengharapkan balasan, tapi kita boleh berharap kalo pemberian kita dapat berguna dan ga disia-siain kan? so ingatkan untuk ‘pay it forward’ ^0^v

it’s easy to said but seems so hard to do?
oh yea, a little things like this will become big, if u can inspired many people around you to do those good things too..