Asa.

Takdir mungkin sudah digariskan, tapi bukan berarti kita tak bisa mengubah nasib. Kita bisa berusaha dan Tuhan menentukan, selama kita masih hidup di dunia.

Pernahkah kamu mengenal seseorang yang kita pikir begitu dekat dengan kita dan dalam waktu yang tak kita sadari, ia berubah menjadi orang asing? Kita tak mengenal isi pikirannya dan kata-kata yang diucapkan dari mulutnya.

Ini yang kualami denganmu.

Aku bahkan tak tahu apakah harus tetap mempercayaimu? Apakah harus mendengarkan janjimu? Ketika hampir semua janji kau ingkari dan ucapanmu nyaris tak ada yang bisa dipercaya.

Apa yang ada didalam pikiranmu? Apa yang ada didalam hatimu?

Suara yang dikeluarkan dari rongga mulutmu adalah suara yang sama seperti yang kukenal dulu, tapi suara yang kau keluarkan sekarang tampak asing dan berbeda. Aku tak tahu apa yang ada didalam pikiranmu, aku tak bisa menyelam atau membaca pikiranmu sekarang, bahkan hatimu pun terasa jauh dan dingin.

Apakah setan jahat merasuk kedalam jiwamu? Kubertanya dalam hati.

Mengapa kamu bisa berubah menjadi orang lain yang jauh dari kamu yang seharusnya kukenal? Apakah ini adalah wujud asli dirimu? Jika iya, aku tak menyukainya. Aku berharap kamu hanya sekedar lupa, lupa akan kebenaran dan telingamu tersumbat hingga tak bisa mendengarkan.

Tapi sampai kapan?

Aku masih terus berharap kamu berubah dan memperbaiki keadaan, bukan bersembunyi dan menimbulkan kekacauan. Allah tidak buta dan tidak tidur, aku masih ingat kata-katamu. Dan kali ini aku balikkan kata-kata itu padamu. Iya, Allah tidak buta dan tidak tidur, hanya Ia yang tahu mengapa kamu berubah, dan aku berharap Allah membukakan hati dan telingamu.

Aku tak meminta apa-apa darimu, hanya meminta kamu untuk kembali ke jalan kebaikan. Hanya itu.

Book Review : My Sister’s Keeper – Jodi Picoult

Akhirnya berjodoh juga dengan buku ini di Pesta Buku Gramedia bulan Juni 2013 ini. Diskon 40% pula, what a treasure. Yeay!

Sudah lama kucari buku My Sister’s Keeper karya Jodi Picoult ini, maka ketika mataku beradu pandang dengannya, lekas-lekas kubawa pulang dan kudalami kisahnya dengan hati yang berbunga.

Tapi hati berbungaku terasa disirami hujan ketika membaca buku ini, basaah hiks, this is a very sad story~

image

Judul  : My Sister’s Keeper – Penyelamat Kakakku
Pengarang : Jodi Picoult
Penerbit  : Gramedia
Tebal  : 523 halaman
Cetakan kedelapan, Oktober 2010

Bercerita tentang tokoh utama novel ini yang bernama Anna Fitzgerald. Anna sengaja dibuat melalui program bayi tabung oleh orang tuanya. Latar belakang  mengapa orangtua Anna memutuskan untuk memiliki anak dari program bayi tabung adalah untuk Kate, putri mereka  yang menderita penyakit leukimia tipe APL (salah satu yang mematikan dan bisa memicu terjadinya komplikasi dengan penyakit lain, atau masalah dengan organ-organ tubuh yang penting). Dengan bantuan teknologi medis, Anna dibuat dengan rekayasa genetik sedemikian rupa sehingga nantinya akan memiliki kecocokan struktur sumsum tulang belakang yang nyaris serupa dengan kakaknya.

Agar Kate bisa terus hiduplah Anna dilahirkan kedunia, Anna dirancang menjadi donor seumur hidup untuk Kate. Bahkan beberapa jam setelah lahir, Anna sudah menyumbangkan sel darah tali pusat untuk kakaknya, Kate. Kemudian Anna juga menjalani puluhan operasi, transfusi darah, dan suntikan untuk Kate. Dan ketika Kate didiagnosa gagal ginjal, Ibu meminta Anna menyumbangkan ginjalnya untuk Kate yang nyaris sekarat.

Hidup Anna adalah untuk Kate. Anna tak bisa menjalani hidupnya sendiri! Orangtuanya mengabaikan perasaan dan hak hidup Anna. Terlebih saat Anna beranjak remaja, timbul keinginan Anna untuk memiliki kebebasan dan hak atas tubuhnya sendiri. Ia ingin melanjutkan hidupnya sebagai manusia. Tidak hanya menjadi penyuplai kehidupan kakaknya!

Anna lalu membuat keputusan besar yang menimbulkan perpecahan dalam keluarganya. Bersama pengacara bernama Campbell Alexander, Anna menuntut kedua orangtuanya karena telah memanfaatkan hidupnya untuk keperluan donor.
Di pengadilan, Anna menjelaskan semuanya beserta bukti keterangan rumah sakit tentang keterangan donor yang telah dilakukannya untuk Kate, kakaknya. Hakim pun memutuskan Anna memenangkan penggugatan tersebut , akhirnya Anna memperoleh hak atas tubuhnya sendiri!

Tapi apa yang terjadi setelah kemenangan Anna ini? Apakah Anna akhirnya bahagia? Bagaimana dengan hidup Kate tanpa donor dari Anna? Bagaimana perasaan orangtua Anna dan Kate?

I am telling u, kita akan menemui ending yang menyedihkan, tragis, heart-breaking. Lebih baik kamu baca bukunya, ya 🙂

Selain kisah mengenai Anna, Kate dan keluarganya, penulis menyuguhkan kita   mengenai kesehatan, hukum, astronomi, sampai filosopi tentang api yang dituliskan dengan cerdas dan mudah dimengerti.

Dalam penulisan cerita, buku ini ditulis dengan sudut pandang tokoh yang bervariasi. Meskipun begitu, membaca buku ini tidak membingungkan kita sebagai pembacanya, malah membuka cara pikir kita akan sudut pandang orang lain.
Buku ini mengajarkan kita artinya orangtua yang baik, saudara yang baik dan orang yang baik. Bagaimana keputusan dibuat dan berpengaruh kepada hidup orang lain.

Oh ya, novel ini juga telah difilmkan pada tahun 2009, diperankan antara lain oleh Cameron Diaz dan Sofia Vassilieva.

image

My favorite shows!

I’m not a television freak, I think I can live without tv. Haha. I just cant live without internet, gadget and books. Tayangan di televisi nasional sekarang gak variatif dan sedikit membosankan; full infotainment, sinetron gak jelas, lawakan garing dan acara musik, well typical! Untung masih ada channel berbasis berita dengan pilihan acara yang lebih inovatif, though sometimes aku juga muak lihat berita kriminal dan politik dinegeri ini 😥 thank god, tahun lalu suamiku setuju memasang tv kabel dirumah, alasan awalnya sih kita ingin menyuguhkan channel anak-anak untuk Alvaro, tapi orang serumah jadi ikut senang juga karena pilihan acara jadi makin banyak. Aku salah satunya, jadi di posting-an kali ini aku akan membicarakan tentang beberapa acara televisi favoritku, yay!

Here they are :
1. The Mentalist

image

Merupakan serial televisi karya Bruno Heller. Serial ini bercerita tentang seorang konsultan bernama Patrick Jane yang membantu CBI (California Bureau of Investigation) dalam penyelidikan kasus-kasus pembunuhan. Jane bukanlah cenayang, ia hanya memiliki kepekaan dan kemampuan spesial dalam membaca orang hanya dari melihat penampilan, cara bicara atau hal-hal yang bagi orang kebanyakan mungkin terlihat biasa saja. Dengan kemampuannya sebagai seorang mentalis, Jane menyelidiki kasus dengan observasi yang tidak biasa.

Why I love : serial ini gak seserius NCIS or CSI, tokoh utamanya si Patrick Jane punya kepribadian unik yang cenderung nyeleneh. Sering bicara apa adanya dan malah suka ketawa ketiwi sendiri kalau ngeliat kelakuan aneh atau ungkapan bohong dari orang yang diinterogasi. Makanya orang-orang di sekitar dia kerap dibuat jengkel dengan kelakuan Jane ini. Oh ya aku juga suka dengan tokoh-tokoh lain yang berada disekeliling Jane, yaitu Special Agent Lisbon, Cho, Rigsby dan Van Pelt.

2. Medium
image

Merupakan serial televisi yang didasari atas kisah nyata pemain utamanya, Allison Dubois. Walau ada beberapa kontroversi yang menyangsikan kemampuan psychic Allison di kehidupan nyata, tapi serial ini cukup menghibur juga sebagai tontonan.

Menceritakan tentang mimpi-mimpi Allison Dubois. Mimpi-mimpi Allison adalah refleksi dari kenyataan, lebih sering merupakan kejadian-kejadian yang menakutkan seperti pembunuhan atau pencarian orang hilang. Selain itu Allison juga diberkahi dengan indera ke 6, bisa melihat dan berbicara dengan hantu atau melihat kejadian dengan menyentuh barang yang memiliki nilai masa lalu bagi para korban. Karena kemampuannya tersebut, Allison Dubois bekerja paruh waktu di Kantor Kejaksaan Phoenix untuk membantu menyelesaikan kasus kriminal yang tak terpecahkan. Serial ini tak hanya menampilkan tentang kasus-kasus yang ditangani Allison, tetapi juga menampilkan cerita keluarga Allison, ada suaminya, Joe Dubois, yang amat sabar dan pengertian, malah aku suka kasihan melihat Joe yang sering terabaikan mengurus keluarga, hihi. Dan juga ketiga putri mereka, Ariel, Bridget dan Marie, yang tampaknya juga memiliki kemampuan yang hampir sama dengan ibu mereka.

Why I love : kekuatan dari serial ini adalah keluarga Dubois. They seems so close to each others, bagaimana Allison dan Joe bersama dan berinteraksi kepada anak-anak mereka. Untuk cerita kasus kejahatannya sendiri, gak selalu bagus sih, kadang ada episode yang berasa aneh dan agak maksa.

3. Perception
image

Merupakan serial televisi Amerika karya Kenneth Biller dan Mike Sussman. Dengan tokoh utama Dr Daniel Pierce, seorang ahli saraf skizofrenia yang membantu FBI pada beberapa kasus mereka yang paling kompleks. Selain kasus-kasus yang dipecahkan Pierce bersama agen FBI sekaligus mantan muridnya, Agen Morreti. Serial ini juga bercerita tentang segala usaha Pierce dalam menghadapi ketakutan mentalnya tanpa obat.

Why I love : aku suka melihat aksi Dr Daniel Pierce, karena selain jenius, ia juga memiliki kepribadian eksentrik.

Oh ya, serial ini mengusung tema persepsi. Apa sih persepsi itu? Persepsi adalah pengalaman indrawi kita tentang dunia di sekitar kita dan melibatkan kedua pengakuan rangsangan lingkungan dan tindakan dalam menanggapi rangsangan ini.

Persepsi meliputi lima indera, sentuhan, penglihatan, rasa bau dan rasa. Ini juga mencakup apa yang dikenal sebagai proprioception, seperangkat indera yang melibatkan kemampuan untuk mendeteksi perubahan posisi tubuh dan gerakan. Hal ini juga melibatkan proses kognitif yang diperlukan untuk memproses informasi, seperti mengenali wajah teman atau mendeteksi aroma familiar. (Sumber : Perception and the Perceptual Process

***

Lihat kemiripan dari ketiga serial televisi favorit aku? 🙂

Review : Card Captor Sakura

Hari ini aku mendapatkan 1 set buku komik Cardcaptor Sakura dari toko buku langgananku. Bekas sih, but nevermind. Memang udah gak diterbitkan ulang. Dulu aku memiliki beberapa kopi komik ini, but times goes by, koleksi komikku menghilang, entah tercecer atau dipinjam dan tak kembali. Makanya aku senang banget ketemu lagi sama Sakura ini dan bernostalgia.

image

Cardcaptor Sakura adalah salah satu judul manga kesukaanku semasa kecil. Seri ini diterbitkan dalam dua versi, manga dan anime.

Manga Cardcaptor Sakura karya Clamp ini terbit pertama kali pada tahun 1996. Kisah ini menceritakan Sakura Kinomoto, seorang gadis kelas 4 SD Tomoeda yang berusaha mengumpulkan kartu clow yang tercecer.

Petualangan Sakura ini diawali dari mimpi aneh Sakura dimana ia berdiri didepan menara Tokyo sambil memegang tongkat (yang kemudian dinamakan seal key) dengan di temani seekor makhluk aneh (kero) disampingnya. Setelah pulang dari sekolah, Sakura merasa ada sesuatu yang aneh di dalam ruang perpustakaan pribadi ayahnya. Penasaran, Sakura masuk ke dalam ruangan tersebut dan menemukan sebuah buku yang bersinar. Sakura tertarik untuk melihat isinya. Ternyata buku itu adalah buku clow yang digunakan untuk menyimpan kartu clow.

Sakura mengambil sebuah kartu dari dalam buku koleksi kartu clow tersebut. Kartu yang Sakura ambil adalah kartu angin/windy dan ketika Sakura menyebut nama kartu Windy, maka muncullah angin yang menerbangkan semua kartu dari dalam buku clow itu ke luar.

image

Lalu dari dalam buku clow tersebut, muncullah  seekor makhluk lucu bersayap yang mengenalkan diri bernama Cerberos (Kero). Kero menceritakan ia ditempatkan sebagai penjaga buku dari kartu Clow oleh seorang penyihir hebat bernama Clow Reed, penyihir inilah yang menciptakan semua kartu clow tersebut. Kero juga menceritakan tentang kartu clow dan bagaimana bahayanya jika kartu-kartu tersebut bila terlepas ke luar.

Karena Kero merasa Sakura lah yang bertanggungjawab  atas terlepasnya semua kartu clow dan meyakini bahwa Sakura memiliki kekuatan sihir, yang diketahui karena Sakura bisa menggunakan kartu windy secara tidak sengaja. Kero pun mengangkat Sakura sebagai Card Captor dengan memberinya sebuah seal key.

Dalam usahanya menangkap kembali kartu clow, Sakura hampir selalu ditemani oleh Tomoyo, sahabatnya. Tomoyo suka sekali merekam setiap aksi Sakura dalam menangkap kartu Clow. Tomoyo juga suka merancang kostum yang unik dan cantik untuk Sakura dalam aksi menangkap kartu clow.

Selain Tomoyo, yang mengetahui profesi Sakura sebagai Card Captor adalah Li Shaoran, Mei Lin dan Kaho Mizuki.
Li Shaoran adalah seorang pelajar pindahan dari Hongkong, ia datang ke Jepang hanya untuk mengumpulkan kartu Clow. Sehingga ia merasa bersaing dengan Sakura dalam urusan kartu Clow. Dalam urusan mencari kartu clow, Li Shaoran menggunakan sebuah papan kompas untuk menunjukan letak kartu clow sebenarnya. Tapi setelah beberapa kali bersama Sakura dalam menangkap kartu-kartu Clow, Shaoran mulai percaya bahwa Sakura-lah yang pantas mendapatkan semua kartu Clow dan ia mau membantu Sakura dalam menangkap kartu-kartu tersebut.

Selain manganya, aku juga suka anime Card Captor Sakura. Kawaii. Soundtrack CCS juga bagus. Suka!

Here’s an opening song from CCS anime :

Body Butter <3

Aku sudah lama mendengar istilah body butter, tapi baru kali ini aku berkesempatan mencoba produk body butter. Thanks for The Body Shop sale ^0^

Body butter memiliki tekstur yang lebih pekat seperti mentega (bentuk tekstur ini menjelaskan mengapa kebanyakan body butter memiliki kemasan wadah, bukan pump). Body butter ini kaya kandungan minyak dan vitamin. Karena memiliki kadar minyak yang tinggi, maka akan sangat baik jika dioleskan di daerah yang amat kering dan cenderung pecah misalnya sikut, lutut, dan tumit.

Tak perlu terlalu banyak mengoleskan body butter karena sedikit saja sudah memenuhi kebutuhan kulit. Selain itu karena iklim tropis negara kita, terlalu banyak mengoleskan body butter malah terasa lengket dan berminyak dikulit. Jadi disarankan untuk menggunakan body butter hanya pada saat tidak banyak beraktivitas, seperti sebelum tidur atau sebagai bahan untuk memijat tubuh.

image

Aku punya dua produk body butter dari The Body Shop, Raspberry dan Strawberry. Aku lebih menyukai Strawberry Body Butter dibanding Raspberry Body Butter, wangi strawberry lebih kuat dan tahan lama. Terasa manis, jadi pengen cium-cium badan sendiri. Hihi 😀

Untuk body lotion sehari-hari aku menggunakan HDI Royale Hand and Body Lotion yang mengandung bee propolis dan ekstrak green tea.

Aku juga suka banget dengan Vaseline Total Moisture Cocoa Lotion. I love the smell, like cocoa pudding!

Memakai body lotion ataupun body butter merupakan rutinitas sederhana yang gak pernah kulewatkan. Melembabkan kulit dan membuatnya terasa halus, segar, dan wangi.

ASI

Ada yang membuatku kecewa dan prihatin tiap kali teman-temanku lahiran. The feeling that I failed again dalam mensupport mereka agar memberikan ASI untuk bayinya. Sebelumnya, aku selalu mengingatkan betapa pentingnya ASI untuk bayi melalui diskusi atau ngobrol ringan dan feed back mereka cukup antusias pada awalnya. Tapi setelah si bayi lahir, jarang banget yang bisa konsisten memberikan ASI nya. Alasannya macam-macam dari yang putingnya gak ada, bayinya gak mau, asi nya sedikit dll. Huhuhu.

Memang sih ini era modern dan instan, tapi jangan jadikan anak kita juga anak instan. Mau mudah dan praktisnya, kasih bayi susu formula didalam dot, beres gak repot. Terus mama nya bisa jalan-jalan kesana kemari, sibuk kerja dan tidur nyenyak dimalam hari. Gitu? Terdengar egois? Iya.

So no excuse for any reasons. Kita tetap bisa kok memberikan ASI asal mau usaha.
1. Puting gak ada atau puting rata. Aku baru nyadar bahwa ternyata bentuk puting tiap wanita beda-beda, tapi ternyata itu bukan masalah besar kok! Kenapa? Karena bayi menyusu di payudara, bukan puting.
Dont give up with this, mama bisa mencoba membuat puting agar menonjol dengan menariknya perlahan-lahan. Selanjutnya, lakukan kegiatan ini minimal dua kali sehari selama lima menit. Selain itu mama juga bisa menggunakan pompa susu agar puting dapat menonjol.

2. Bayi gak mau.
Coba deh pikirin lagi, who’s the boss here? Nah mama kan? Sebagai mama, kita harus lebih sabar meminta anak kita menurut. Tentu saja, si mama harus punya sikap, menunjukan kasih sayang dan kesabaran. Gak panik dan malah ikutan nangis pas bayinya nangis 🙂 bayi juga punya perasaan, bahkan mereka lebih sensitif. Buat diri kita nyaman untuk menyusui, maka si bayi juga akan merasa nyaman dalam dekapan kita.

3. ASI nya sedikit.
Saat bayi baru lahir, produksi ASI memang belum banyak, lagian kebutuhan ASI bayi yang baru lahir pun masih sedikit. Gak usah takut dan langsung nyerah dengan memberikan bayi susu formula, ya ma 🙂
Kalau bayi masih menangis, bukan cuma berarti dia lapar loh. Ada banyak faktor ma, seperti dia ingin digendong, ada nyamuk yang menggigit atau popoknya basah.

ASI sedikit juga gak berhubungan dengan ukuran payudara. Mine is not big too, honestly *sigh. Ukuran payudara tiap wanita hanya di bedakan oleh jumlah lemak dalam payudara. Sedangkan kemampuan payudara untuk memproduksi ASI tetap sama.

Agar produksi ASI kita tetap banyak dan lancar, coba deh beberapa cara berikut :
1. Rajin memberikan ASI ke bayinya, gak usah dijadwal. Agar ASI terus terisi optimal seringlah memberikan ASI, dengan makin sering bayi mengisap maka makin cepat ASI diproduksi. Seperti prinsip ekonomi, ASI akan terus berproduksi ketika ada permintaan 🙂 volume ASI dalam payudara ditentukan oleh jumlah yang dihisap.

2. Makan dan minum yang cukup. Lupakan dulu diet. Dengan memberikan ASI, maka kita melakukan diet alami ma.
Pengalamanku juga gak beda dengan ibu-ibu lain, berat badanku melonjak drastis saat hamil, bayangpun aku naik 20 kg (hwa!), tapi setelah 1 tahun memberikan ASI, voila I’m back like before. No need
pils, diet makanan atau bahkan olahraga. Ajaib!

3. Dukungan dari suami dan lingkungan. Ini penting, karena ada beberapa ibu-ibu yang suka membuat keputusan sendiri karena merasa capek dan panik, sehingga menganggap memberikan ASI sebagai sebuah beban. Jangan sampai berpikir seperti itu ya, mama harus merasa bahagia dan gak tertekan, jadi produksi ASInya tetap lancar 🙂

4. Perbanyak informasi, baca buku, browsing dan ikuti kelas EdukASI yang tersedia.

Memberikan ASI ternyata gak semudah kelihatannya, perlu perjuangan! Tapi tahu gak sih, proses pemberian ASI ini juga merupakan salah satu proses untuk si ibu dalam belajar sabar menghadapi si anak dan menanamkan sikap keibuan.

Memang sih pada akhirnya, keputusan memberikan ASI atau tidak, berada ditangan orangtuanya. They know the best for their child. But I hope that u give ur best, jadikan masa dua tahun pertama anak sebagai masa yang indah dan tak terlupakan, just remember dua tahun itu sebentar kok 🙂

Throw the old stuff!

Beberesan! Entah berapa kali aku beberesan, tapi selalu aja tumpukan barang-barang dikamarku masih aja banyak. Terkadang ajang beberes malah jadi ajang nostalgia, mengingat sejarah barang dan malah kelamaan nyobain baju yang udah lama gak keliatan karena tertimbun dilemari. Hh.

Kamu suka nyimpenin barang lama? All many kind of things from buku tulis jaman SD, koran atau majalah, baju, tas, sepatu and whatsoever sampe numpuk didalam rumah? Mungkin ada perasaan sayang mau buang lemari yang ud keliatan lapuk atau peralatan elektronik yang udah ga kepake such as printer rusak, layar komputer, tv butut, radio bekas, kipas angin macet, dan lain-lain. Karena sayang? 0_o

Kamu sayang… dengan pertimbangan, mungkin SUATU SAAT mau dipake lagi, dimana suatu saat itu yang ENTAH KAPAN!

image

Barang-barang yang udah gak kepake lagi, mendingan segera enyahkan deh. I know u love them, but keep them in memories. Percaya deh, setelah semua itu dibuang, kamu bakal lebih lega.

Membuang barang lama dan menumpuk dirumah mungkin bisa diibaratkan dengan membuang kenangan tentang mantan, betapapun indahnya masa lalu, kalau kamu mau melanjutkan masa depan dan hidup di masa sekarang, you better move-on!

Start organize yourself by throw away the old stuff and past! Dengan RELA dan IKHLAS membuang sampah baik barang dan pikiran masa lalu yang mengganggu, kita dituntut untuk dapat mengatur mana hal-hal yang penting buat benar-benar disimpan atau harus dibuang. Kita juga dituntut melepaskan keegoisan dalam diri kita untuk melepaskan sampah-sampah itu. Dan pikir positifnya deh, sampah-sampah itu mungkin harta karun buat orang lain! Iya barang-barang (dan mantan, oops!) bisa disumbangkan kepada yang membutuhkan.

Eits jangan mulai kepikiran lagi kalau semua itu berguna dan lebih baik disimpan ya, lagian kita juga gak tahu entah kapan mau dipakai lagi atau berguna buat apa, thats why tuh barang pada numpuk, hold your breath and release, tackles the maybes and throw away that old stuff, dont look back 🙂

Percaya deh, begitu kamu melihat ruangan atau lemari kamu jadi bersih dan rapi, your heart and mind will feel fresh and new! Another plus, you will have some extra space untuk sesuatu yang baru yang bisa lebih berguna dan bermanfaat untuk kamu,  insya Allah 🙂