Book Review : Simple Thinking About Blood Type – Park Dong Sun

Sering merhatiin gak kalo di manga-manga Jepang, dibiodata profile tokoh-tokohnya pasti mencantumkan keterangan golongan darah. Contohnya, saya tahu golongan darah Sakura Kinomoto dari Cardcaptor Sakura adalah bergolongan darah A, sementara Usagi Tsukino dari Sailor Moon bergolongan darah O. Konon, orang Jepang percaya bahwa golongan darah dapat menentukan karakter seseorang. Jadi para pengarang manga dapat menentukan sifat dan kepribadian dari tokoh manga-manga yang mereka ciptakan. Bahkan orang Jepang juga percaya, golongan darah tidak hanya menentukan sifat dan kepribadian, golongan darah juga berpengaruh besar terhadap hubungan antar sesama, pekerjaan sampai percintaan.

Hmm mirip-mirip ramalan zodiak dong? Bedanya dengan zodiak, kepercayaan menurut golongan darah yang menentukan karakter dan kehidupan seseorang tampaknya lebih realistis ya.

Buku Simple Thinking About Blood Type karangan Park Dong Sun ini mengulas tentang perbedaan karakter pada golongan darah A, B, O dan AB. Buku ini dikemas dalam bentuk komik berwarna yang lucu, sehingga membacanya sangat mengasikkan dan gak ngebosenin ky buku pelajaran, hhe.

Dibagi menjadi empat bagian :
Bagian 1 Mengetahui sifat seseorang melalui golongan darah;
Bagian 2 Hubungan sosial antargolongan darah;
Bagian 3 Cerita seru golongan darah;
dan Bagian 4 Diary bergambar si Cowok Gila.

image

Judul : Simple Thinking About Blood Type
Penulis : Park Dong Sun
Penerjemah : Achie Linda
Penerbit Haru
Cetakan ke12, Januari 2015
Tebal 258 halaman

Dari empat bagian utama dalam buku tersebut dibagi lagi menjadi beberapa sub bagian yang lebih spesifik dengan latar kejadian sehari-hari dan setting yang berbeda-beda. Misalnya pada sub bagian berjudul Janji Jam Tiga Sore, diceritakan bahwa golongan darah yang paling tepat waktu adalah golongan darah A dan AB, golongan darah O datang terburu-buru karena telat dan… golongan B malah masih aja santai dirumah. Fiuhhh, ini deh yang ngejelasin entah dari jaman kapan kalau janjian pasti saya selalu datang pertama. Golongan darah saya A, bytheway. 🙂

image

Dan banyak ulasan cerita dalam buku Simple Thinking About Blood Type yang kerasa ‘ih pas banget sih’ Saya sangat suka ulasan-ulasan sederhana karakteristik tiap golongan darah dalam satu situasi yang sama, kocak banget. Yang pasti sih buku ini bisa jadi bahan perbandingan atau sekedar bantuan dalam memahami sifat diri sendiri maupun orang lain.

Yang kurang saya suka dari buku ini hanyalah bagian terakhir buku, Diary bergambar si Cowok Gila, yang sepertinya adalah cerita mengenai sosok pengarang buku ini. Bagian ini berisi entri harian si cowok gila yang sayangnya tiap entri tidak saling berhubungan, jadi agak gak nyambung. Sedikit mengganggu deh. Huhuhu.

image

Reading challenge : A book was originally written in different language. (In this case, Korean language), checked.

Advertisements

One thought on “Book Review : Simple Thinking About Blood Type – Park Dong Sun

  1. Pingback: Book Review : Simple Thinking About Blood Type 2 – Park Dong Sun | Are U Thinking What I'm Thinking?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s